Rabu, 04 Juli 2018


MAKALAH
RISET OPERASI TEORI PERMAINAN



 










FAKHRI ARLIANTO
2TA02
12316578



JURUSAN TEKNIK SIPIL
FAKULTAS TEKNIK SIPIL DAN PERENCANAAN
UNIVERSITAS GUNADARMA
TAHUN 2018








DAFTAR ISI


KATA PENGANTAR

BAB I PENDAHULUAN
1.       LATAR BELAKANG
2.       TUJUAN
3.       IDENTIFIKASI MASALAH
4.       RUMUSAN MASALAH
5.   CONTOH KASUS DAN PENYELESAIAN

BAB II KESIMPULAN DAN SARAN

DAFTAR PUSTAKA











KATA PENGANTAR

Puji syukur kehadirat Allah SWT atas segala rahmat-Nya sehingga makalah ini dapat tersusun hingga selesai. Tidak lupa juga saya mengucapkan banyak terimakasih atas bantuan dari pihak yang telah berkontribusi dengan memberikan sumbangan baik materi maupun pikirannya.
Dan harapan saya semoga makalah ini dapat menambah pengetahuan dan pengalaman bagi para pembaca. Untuk kedepannya dapat memperbaiki bentuk maupun menambah isi makalah agar menjadi lebih baik lagi.
Karena keterbatasan pengetahuan maupun pengalaman, saya yakin masih banyak kekurangan dalam makalah ini. Oleh karena itu saya sangat mengharapkan saran dan kritik yang membangun dari pembaca demi kesempurnaan makalah ini. Terima Kasih.

                                                                                                                         
  Depok, 04 Juli 2018
                                                                            Fakhri Arlianto



BAB 1
PENDAHULUAN
  1.     Latar Belakang
Suatu pendekatan matematis untuk merumuskan situasi persaingan dan konflik antara berbagai persaingan. Teori ini digunakan untuk menganalisa proses pengambilan keputusan dari situasi persaingan yang berbeda dan melibatkan dua atau lebih pesaing. Intinya, dari teori ini kita berbicara tentang bagaimana stategi dan taktik untuk memenangkan “game” persaingan ekonomi. Seperti game pada umumnya, setiap pesaing disini disebut pemain atau player. Setiap player mempunyai kepentingan-kepentingan untuk bersaing dalam permintaan. Anggapan yang digunakan adalah setiap pemain mempunyai kemampuan untuk mengambil keputusan secara bebas dan rasional. Setiap pelaku ekonomi terutama produsen atau agen pastinya saling bersaing untuk mewujudkan kepentingan-kepentingannya. Setiap pemain akan menggunakan berbagai strategi agar mendapatkan keuntungan yang optimal dan jika harus mengalami kerugian maka bagaimana caranya agar kerugian itu paling kecil.

  2.    Tujuan
Tujuan teori ini adalah menganalisa proses pengambilan keputusan dari persaingan yang berbeda-beda dan melibatkan dua atau lebih pemain/kepentingan. Kegunaan dari teori permainan adalah metodologi yang disediakan untuk menstruktur dan menganalisa masalah pemilihan strategi.

  3.    Identifikasi Masalah
1.      Apakah penting untuk mengetahui tentang Teori Permainan?
2.      Bagaimana cara penyelesaian masalah dengan menggunakan Teori Permainan?

  4.     Rumusan Masalah
Berdasarkan identifikasi masalah diatas, maka dapat masalah yang harus dicari dari makalah ini adalah “Bagaimana menyelesaikan masalah menggunakan Teori Permainan?”


  5.     Contoh Kasus dan Penyelesaian
Dua perusahaan beton bersaing untuk mendapatkan keuntungan dalam penjualan beton di pasar industry, perusahaan A mengandalkan 2 strategi dan perusahaan B mengandalkan 3 strategi.



Perusahaan B


Strategi
Harga Murah (S1)
Strategi
Harga Sedang (S2)
Strategi
Harga Mahal (S3)
Perusahaan
A
Strategi
Harga Murah (S1)
2
8
3
Strategi
Harga Mahal (S2)
7
5
4

Penyelesaian:
-          Langkah 1
Untuk pemain baris (Perusahaan A), pilih nilai yang paling kecil untuk setiap baris (baris satu nilai terkecilnya 2 dan baris dua nilai terkecilnya 4). Selanjutnya dari dua nilai terkecil tersebut, pilih nilai yang paling baik atau besar, yakni nilai 4.



Perusahaan B
Maximin


Strategi
Harga Murah (S1)
Strategi
Harga Sedang (S2)
Strategi
Harga Mahal (S3)
Perusahaan
A
Strategi
Harga Murah (S1)
2
8
3
2
Strategi
Harga Mahal (S2)
7
5
4
4

 
-          Langkah 2
Untuk pemain kolom, (perusahaan B), pilih nilai yang paling besar untuk setiap kolom (kolom satu nilai terbesarnya 7, kolom 2 nilai terbesarnya 8, dan kolom 3 nilai terbesarnya 4). Selanjutnya dari tiga nilai terbesar tersebut, pilih nilai yang paling baik atau kecil bagi B, yakni nilai 4 (rugi yang paling kecil).



Perusahaan B
Maximin


Strategi
Harga Murah (S1)
Strategi
Harga Sedang (S2)
Strategi
Harga Mahal (S3)
Perusahaan
A
Strategi
Harga Murah (S1)
2
8
3
2
Strategi
Harga Mahal (S2)
7
5
4
4
Minimax
7
8
4


-          Langkah 3
Kesimpulan:
·         Pemain baris dan pemain kolom sudah memiliki pilihan strategi yang sama yaitu nilai 4 (Optimal)
·         Pilihan tersebut berarti bahwa meskipun A menginginkan keuntungan yang lebih besar, tapi tetap hanya akan memperoleh keuntungan maksimal 4 dengan strategi harga mahal (S2), demikian juga dengan B, kerugian paling minimalnya adalah 4, dengan merespon strategi A dengan strategi harga mahal (S3).
·         Penggunaan strategi lain berdampak menurunnya keuntungan A dan meningkatnya kerugian B.








BAB 2
KESIMPULAN DAN SARAN


-                      Kesimpulan
Teori permainan digunakan untuk menemukan strategi yang paling cocok dalam pemasaran barang yang dimiliki perusahaan masing-masing. Teori ini dapat menghasilkan keuntungan maksimal ataupun kerugian minimal sesuai dengan strategi yang diterapkan.

-                      Saran
Jika metode ini tidak diterapkan dengan baik, maka bias saja bukan mendapatkan keuntungan maksimal tetapi mendapatkan kerugian yang maksimal dan keuntungan yang minimum.









DAFTAR PUSTAKA

https://sutrisnoadityo.wordpress.com/2013/10/12/teori-permainan-game-theory/



Tidak ada komentar:

Posting Komentar