MAKALAH
RISET OPERASI TEORI PERMAINAN
FAKHRI ARLIANTO
2TA02
12316578
JURUSAN TEKNIK SIPIL
FAKULTAS TEKNIK SIPIL DAN PERENCANAAN
UNIVERSITAS GUNADARMA
TAHUN 2018
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR
BAB I PENDAHULUAN
1.
LATAR
BELAKANG
2.
TUJUAN
3.
IDENTIFIKASI
MASALAH
4.
RUMUSAN
MASALAH
5. CONTOH
KASUS DAN PENYELESAIAN
BAB II KESIMPULAN
DAN SARAN
DAFTAR PUSTAKA
KATA PENGANTAR
Puji syukur kehadirat Allah SWT atas segala rahmat-Nya
sehingga makalah ini dapat tersusun hingga selesai. Tidak lupa juga saya
mengucapkan banyak terimakasih atas bantuan dari pihak yang telah berkontribusi
dengan memberikan sumbangan baik materi maupun pikirannya.
Dan harapan saya semoga makalah ini dapat menambah
pengetahuan dan pengalaman bagi para pembaca. Untuk kedepannya dapat
memperbaiki bentuk maupun menambah isi makalah agar menjadi lebih baik lagi.
Karena keterbatasan pengetahuan maupun pengalaman,
saya yakin masih banyak kekurangan dalam makalah ini. Oleh karena itu saya
sangat mengharapkan saran dan kritik yang membangun dari pembaca demi kesempurnaan
makalah ini. Terima Kasih.
Depok, 04 Juli 2018
Fakhri Arlianto
BAB 1
PENDAHULUAN
1. Latar
Belakang
Suatu
pendekatan matematis untuk merumuskan situasi persaingan dan konflik antara
berbagai persaingan. Teori ini digunakan untuk menganalisa proses pengambilan
keputusan dari situasi persaingan yang berbeda dan melibatkan dua atau lebih
pesaing. Intinya, dari teori ini kita berbicara tentang bagaimana stategi dan
taktik untuk memenangkan “game” persaingan ekonomi. Seperti game pada umumnya,
setiap pesaing disini disebut pemain atau player. Setiap player mempunyai
kepentingan-kepentingan untuk bersaing dalam permintaan. Anggapan yang
digunakan adalah setiap pemain mempunyai kemampuan untuk mengambil keputusan
secara bebas dan rasional. Setiap pelaku ekonomi terutama produsen atau agen
pastinya saling bersaing untuk mewujudkan kepentingan-kepentingannya. Setiap
pemain akan menggunakan berbagai strategi agar mendapatkan keuntungan yang
optimal dan jika harus mengalami kerugian maka bagaimana caranya agar kerugian
itu paling kecil.
2. Tujuan
Tujuan teori ini adalah menganalisa proses
pengambilan keputusan dari persaingan yang berbeda-beda dan melibatkan dua atau
lebih pemain/kepentingan. Kegunaan dari teori permainan adalah metodologi yang
disediakan untuk menstruktur dan menganalisa masalah pemilihan strategi.
3. Identifikasi
Masalah
1. Apakah
penting untuk mengetahui tentang Teori Permainan?
2. Bagaimana
cara penyelesaian masalah dengan menggunakan Teori Permainan?
4. Rumusan
Masalah
Berdasarkan
identifikasi masalah diatas, maka dapat masalah yang harus dicari dari makalah
ini adalah “Bagaimana menyelesaikan masalah menggunakan Teori Permainan?”
5. Contoh
Kasus dan Penyelesaian
Dua perusahaan
beton bersaing untuk mendapatkan keuntungan dalam penjualan beton di pasar
industry, perusahaan A mengandalkan 2 strategi dan perusahaan B mengandalkan 3
strategi.
|
|
|
Perusahaan
B
|
||
|
|
|
Strategi
Harga Murah (S1)
|
Strategi
Harga Sedang (S2)
|
Strategi
Harga Mahal (S3)
|
|
Perusahaan
A
|
Strategi
Harga Murah (S1)
|
2
|
8
|
3
|
|
Strategi
Harga Mahal (S2)
|
7
|
5
|
4
|
|
Penyelesaian:
-
Langkah 1
Untuk pemain baris
(Perusahaan A), pilih nilai yang paling kecil untuk setiap baris (baris satu
nilai terkecilnya 2 dan baris dua nilai terkecilnya 4). Selanjutnya dari dua
nilai terkecil tersebut, pilih nilai yang paling baik atau besar, yakni nilai
4.
|
|
|
Perusahaan B
|
Maximin
|
||
|
|
|
Strategi
Harga
Murah (S1)
|
Strategi
Harga
Sedang (S2)
|
Strategi
Harga
Mahal (S3)
|
|
|
Perusahaan
A
|
Strategi
Harga
Murah (S1)
|
2
|
8
|
3
|
2
|
|
Strategi
Harga
Mahal (S2)
|
7
|
5
|
4
|
4
|
|
-
Langkah 2
Untuk pemain kolom,
(perusahaan B), pilih nilai yang paling besar untuk setiap kolom (kolom satu
nilai terbesarnya 7, kolom 2 nilai terbesarnya 8, dan kolom 3 nilai terbesarnya
4). Selanjutnya dari tiga nilai terbesar tersebut, pilih nilai yang paling baik
atau kecil bagi B, yakni nilai 4 (rugi yang paling kecil).
|
|
|
Perusahaan
B
|
Maximin
|
||
|
|
|
Strategi
Harga Murah (S1)
|
Strategi
Harga Sedang (S2)
|
Strategi
Harga Mahal (S3)
|
|
|
Perusahaan
A
|
Strategi
Harga Murah (S1)
|
2
|
8
|
3
|
2
|
|
Strategi
Harga Mahal (S2)
|
7
|
5
|
4
|
4
|
|
|
Minimax
|
7
|
8
|
4
|
|
|
-
Langkah 3
Kesimpulan:
·
Pemain baris dan pemain
kolom sudah memiliki pilihan strategi yang sama yaitu nilai 4 (Optimal)
·
Pilihan tersebut berarti
bahwa meskipun A menginginkan keuntungan yang lebih besar, tapi tetap hanya
akan memperoleh keuntungan maksimal 4 dengan strategi harga mahal (S2),
demikian juga dengan B, kerugian paling minimalnya adalah 4, dengan merespon
strategi A dengan strategi harga mahal (S3).
·
Penggunaan strategi lain
berdampak menurunnya keuntungan A dan meningkatnya kerugian B.
BAB
2
KESIMPULAN
DAN SARAN
-
Kesimpulan
Teori
permainan digunakan untuk menemukan strategi yang paling cocok dalam pemasaran
barang yang dimiliki perusahaan masing-masing. Teori ini dapat menghasilkan
keuntungan maksimal ataupun kerugian minimal sesuai dengan strategi yang
diterapkan.
-
Saran
Jika
metode ini tidak diterapkan dengan baik, maka bias saja bukan mendapatkan
keuntungan maksimal tetapi mendapatkan kerugian yang maksimal dan keuntungan
yang minimum.
DAFTAR PUSTAKA
https://sutrisnoadityo.wordpress.com/2013/10/12/teori-permainan-game-theory/

Tidak ada komentar:
Posting Komentar